BREAKING

Ketahui, Bahaya Anak Cacingan

Advertisement:
Konon, hobi anak bermain di pasir yang kotor bisa menimbulkan penyakit cacing. Hewan kecil itu masuk melalui kuku atau pori-pori telapak kaki yang tidak dialasi sandal dan sepatu.

Meski rawan terjadi , penyakit cacing dianggap tidak berbahaya. Efeknya sekadar membuat anak kurang nafsu makan dan lemas. Padahal, itu bisa menjadi tanda menuju penyakit yang lebih serius.

Sebaiknya, penyakit cacing segera diperiksa dan ditanggulangi. Simak gejala dan cara penanggulangannya:
Bahaya Anak Cacingan

Tanya:
Penyakit cacing gelang tanda-tandanya apa saja ya? Risikonya apa, dan bagaimana cara penyembuhannya? Dananya sekitar berapa? Apakah pernah ada kasus yang sampai berbahaya? sejauh apa bahayanya?

Terimakasih atas jawabannya.
Donny Pras

Jawab:
Penyakit yang disebabkan oleh cacing gelang (Ascaris Lumbricoides) disebut “ascariasis”.
Gejalanya tergantung stadium penyakit. Pada ascariasis yang ringan, bisa tidak menimbulkan gejala. Namun dengan berjalannya waktu, bisa timbul gejala anemia seperti pucat, tubuh lemas, bahkan bila tidak segera diobati cacing dapat tumbuh dalam saluran pencernaan sampai paru-paru.

Pada anak, ascariasis dapat menyebabkan gangguan penyerapan zat gizi seperti protein, karbohidrat, dan vitamin. Akibatnya, pertumbuhan anak terganggu.

Penyakit ascariasis baru bisa dipastikan dengan ditemukannya telur cacing dengan pemeriksaan feses.

Dana penyembuhan di tiap tempat pengobatan tidak bisa dipastikan, karena harga obatnya berbeda-beda. Penanganan juga ditentukan rumah sakit atau puskesmas tempat berobat, bukan oleh dokter.

Pengobatan tergantung dari stadium ascariasis, dan baru bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan lab. Biasanya, pengobatan cukup diberi obat anti-parasit dengan dosis yang ditentukan.

Pada ascariasis berat, diperlukan operasi untuk memperbaiki kerusakan dan menghilangkan cacing. Sumbatan pada usus, sumbatan pada saluran empedu, dan sumbatan usus buntu adalah komplikasi berbahaya yang penanganannya mungkin memerlukan operasi.

Semoga bermanfaat.
source: http://life.viva.co.id/news/read/513077-konsultasi--ketahui--bahaya-anak-cacingan
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT