Daya Dukung Lingkungan

Posted by Update Campuran 2 komentar
Definisi
  • Daya dukung adalah maksimum jumlah penduduk yang didukung oleh sumberdaya pada suatu wilayah tanpa menimbulkan degradasi sumberdaya tersebut. Perhitungan daya dukung yang menyangkut aspek penduduk merupakan hal yang sangat kompleks, karena tidak hanya menyangkut aspek fisik tetapi juga berkaitan dengan aspek lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya (McConnell, R.I. and Daniel C. Abel, 1999).
  • Daya dukung adalah batas jumlah manusia yang dapat hidup dalam jangka panjang tanpa adanya kerusakan lingkungan (Giampietro, et. al. 1992).
  • Jumlah penduduk yang kebutuhan makanannya dapat dipenuhi dengan produksi dari lahan yang ditanami tanaman makanan tradisional dengan intensitas penggunaan lahan tertentu, tanpa merusak sumberdaya (Dasman, 1980).
  • Jumlah individu yang dapat didukung oleh satuan luas sumberdaya dan lingkungan dalam keadaan sejahtera (lshemat Surianegara, 1978). Komponennya adalah jumlah penduduk dan sumberdaya, kesulitan mengukur sejahtera. Selain itu banyak faktor yang mempengaruhi variasi komponen tersebut.
  • Perimbangan antara jumlah penduduk dan luas lahan di daerah, yang masyarakatnya masih melakukan teknik pertanian sederhana (subsisten) (Brush, 1975).
  • Jumlah penduduk yang dapat ditunjang persatuan daerah pada tingkat teknologi dan kebudayaan tertentu (Young, 1976).
  • Kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya (UU Nomor 4 tahun 1982).
  • Kemampuan suatu sistem alami (wilayah) daiam mendukung populasi didalamnya sehingga terjadi keseimbangan (Catanesse, 1986).
  • Daya dukung adalah jumlah maksimum penduduk yang didukung oleh habitat tertentu tanpa ada pengurangan produktivitas (William E. Rees, 1996).
  • Daya dukung wilayah adalah perbandingan antara kapasitas pendukung dengan kapasitas asimilasi yang dicerminkan dari kemampuan menghasilkan produk dengan keterbatasan sumberdaya untuk meningkatkan kualitas hidup tanpa merusak lingkungan dan tetap menjaga kondisi ekolologi (Khana, 1999).

Komponen Daya Dukung Lingkungan
Terdapat 3 (tiga) komponen yang mempengaruhi daya dukung, yaitu:
(a) potensi sumberdaya wilayah,
(b) tingkat kebutuhan penduduk,
(c) kondisi lingkungan.
Dengan kata lain, konsep daya dukung berkaitan dengan aspek:
(a) penawaran (supply),  
(b) permintaan (demand),  
(c)  keberlanjutan.

POINTERS
Tidak ada definisi umum yang dapat diterima semua pihak, dan belum ada pendekatan yang tepat bagaimana daya dukung tersebut dihitung.
Esensi dasar dari daya dukung adalah perbandingan antara ketersediaan dan kebutuhan atau supply and demand. Penting, karena supply umumnya terbatas, sedangkan demand tidak terbatas.
Perhitungan menjadi sulit, karena terlalu banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan dan ketersediaan. Atau terlalu banyak elemen yang mempengaruhi komponen daya dukung lingkungan.


Daya Dukung Wilayah
Kesulitan tersebut mengakibatkan daya dukung umumnya bedaku pada sistem tertutup, tanpa memperhitungkan interaksi antar wilayah. Sehingga lebih banyak berkembang daya dukung sektoral (pertanian, pariwisata, sosial, dan fain-lain), yang dikembangkan berdasarkan tujuan dan fungsi tertentu.
Indonesia bersifat agraris, maka daya dukung yang tepat adalah daya dukung lingkungan lahan pertanian (Otto Soemarwoto, 1984). Kuantifikasi daya dukung lebih banyak dilakukan pada aspek kebutuhan pangan dan sumberdaya pertanian.

Dinamika Daya Dukung
Daya dukung mengacu pada jumlah individu yang dapat didukung oleh suatu area dengan keterbatasan sumberdayanya tanpa terjadi degradasi lingkungan alam, sosial, dan ekonomi baik untuk generasi kini maupun yang akan datang. Sifat daya dukung pada suatu wilayah tidaklah tetap.
Daya dukung dapat berubah oleh perkembangan teknologi, tetapi yang paling sering tejadi adalah perubahan ke arah kondisi yang lebih buruk akibat tekanan penduduk yang terus meningkat.
Sejalan dengan penurunan kualitas lingkungan, daya dukung aktual juga mengalami penyusutan sehingga tidak mampu lagi mendukung jumlah penduduk yang ada untuk hidup sejahtera. (Source: The Carrying Capacity Network)

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Daya Dukung Lingkungan
Ditulis oleh Update Campuran
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://updatecampuran.blogspot.com/2013/05/daya-dukung-lingkungan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Ahmad Gusti Lubis said...

gan kunjungan harian
sudah dicendol semua, cendol balik ya gan :D
ditunggu

Taqorrub said...

tambah rame aja nich iklannya hahaha :)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

CS Iklan
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Update Campuran.