BREAKING

Cara Atasi Perut Kembung

Advertisement:
Perut kembung dapat menyebabkan berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Apalagi, di musim hujan, di mana tubuh mudah terserang kembung dan masuk angin.

Menurut seorang ahli, hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari perut buncit karena kembung adalah mengurangi asupan garam dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan potasium.

Cara Mengatasi Perut Kembung
Sebuah buku yang baru diluncurkan oleh Robynne Chutkan, ahli pencernaan dan pendiri pusat pencernaan untuk wanita di Washington DC, menunjukkan bahwa wanita memiliki kecenderungan untuk mengalami masalah perut kembung lebih sering daripada pria terutama karena mereka memiliki usus yang lebih panjang.

Chutkan mengatakan bahwa ada perbedaan besar antara saluran pencernaan pria dan wanita. Untuk itu, wanita patut melakukan beberapa cara menghindari perut kembung di bawah ini, seperti dilansir dari Times of India:

Kurangi asupan garam
Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan edema dan perut kembung. Dalam sehari, asupan garam yang dianjurkan adalah sebanyak 1.500 mg. Jangan menambahkan terlalu banyak garam saat memasak. Selain itu, hindari makanan cepat saji karena umumnya mengandung garam yang tinggi.

Perbanyak konsumsi serat
Mengonsumsi kombinasi serat dalam diet harian adalah cara yang efektif untuk tetap fit dan menghindari perut kembung. Makanan yang kaya serat adalah sayuran dan buah.

Fokus pada makanan kaya potasium
Potasium bantu mengeluarkan asupan air berlebih. Untuk itu, mengonsumsi makanan seperti pisang dan ubi dapat bantu mengecilkan perut Anda dan menghindari perut kembung.

Banyak minum air putih
Mitos yang menyebutkan banyak minum air putih menyebabkan kembung itu tidak benar. Konsumsi air putih yang cukup justru membantu serat melakukan tugasnya dalam melancarkan pencernaan. Kurang asupan air bisa memicu sembelit.

Hindari memberikan beban pada sistem pencernaan
Hindari mengonsumsi makanan yang sulit dicerna seperti makanan manis atau makanan berlemak. Fokus pada makanan yang sederhana seperti sayur-sayuran untuk membantu sistem pencernaan.

Hindari pemanis buatan
Pemanis buatan umumnya terkandung pada produk-produk minuman dan makanan berlabel 'low-carbs' atau 'sugar-free'. Pemanis buatan tidak bisa sepenuhnya dicerna oleh tubuh. Bakteri di dalam usus cenderung melakukan fermentasi pada pemanis buatan yang masuk ke tubuh sehingga menghasilkan gas dan menyebabkan perut kembung. Selalu cek label makanan dan hindari pemanis buatan seperti sorbitol, mannitol, xylitol and lacitol.
source: http://life.viva.co.id/news/read/472300-ini-cara-atasi-perut-kembung
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT