BREAKING

Tips Mencegah Keracunan Gas Berbahaya

Advertisement:
Bagai silent killer, karbon monoksida atau CO tidak dapat dideteksi keberadaannya karena tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Namun, saat seseorang menghirupnya dalam jumlah besar, risiko kematian pun mengintai. Karena itu, mengetahui gejala keracunan CO sangat penting untuk mencegah risiko yang lebih berbahaya.

Mencegah Keracunan Gas
Bagi kebanyakan orang, tanda-tanda pertama seseorang keracunan CO ditandai dengan sakit kepala ringan dan sesak napas. Paparan yang lebih tinggi dapat menyebabkan sakit kepala yang lebih parah, pusing, kelelahan, dan mual yang berkembang menjadi kebingungan, mudah marah, gangguan memori, penilaian, serta koordinasi.

Jika tanda-tanda tersebut diabaikan, seseorang akan kehilangan kesadaran hingga meninggal dunia. Dalam kondisi tertentu, konsentrasi CO yang mematikan bahkan terjadi hanya dalam waktu 10 menit.

Kasus ini terjadi Selasa siang, 11 Februari 2014, di Klinik Sapta Mitra, Pengasinan, Rawalumbu, Kota Bekasi. Diketahui lima korban tewas akibat keracunan asap karbonmonoksida dari genset di klinik. Salah satu korban yang tewas adalah dr. Friska Novaida Gultom (26), yang baru dua hari bekerja sebagai tenaga lepas di klinik tersebut.

Menghindari keracunan CO sebenarnya cukup mudah, Anda hanya cukup memastikan bahwa seluruh perlengkapan elektronik rumah tangga Anda dalam keadaan terawat dan bersih. Agar tidak keracunan gas berbahaya, hindari kondisi-kondisi berikut seperti dilansirHealth State:

1. Guratan di sekitar peralatan bahan bakar, jika ada segera hubungi petugas yang bersangkutan.
2. Tidak adanya lubang udara di ruangan tempat Anda bekerja.
3. Kelembapan yang berlebihan ditemukan pada jendela, dinding atau permukaan dingin lainnya.
4. Karat yang berlebihan pada pipa pembuangan, koneksi pipa lainnya atau alat elektronik lain.
5. Api yang dihasilkan kompor gas berwana oranye atau kuning.
6. Kebocoran di dasar ventilasi cerobong asap atau pipa buang.
7. Pastikan juga, Anda tidak menggunakan panggangan barbeque atau gas generator portabel di dalam ruangan. Dan, tidak memanaskan rumah dengan oven yang dirancang untuk memasak.
source: http://life.viva.co.id/news/read/480741-tips-mencegah-keracunan-gas-berbahaya
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

2 comments:

  1. Pastinya sangat membantu ini Kang untuk saat ini, terimakasih...

    ReplyDelete
  2. katanya klo pake masker kudu dibalik yaa kang??
    u orang sehat warna putih di luar & u orang sakit warna hijau d luar???

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT