BREAKING
Dewa Poker

Organisasi Mahasiswa Tertua di Indonesia

Advertisement:
1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)
1
Berdirinya himpunan mahasiswa islam (HMI) diprakarsai oleh Larfan Pane, seorang mahasiswa STI (Sekolah Tinggi Islam), kini yang kini kita kenal Universitas Islam Indonesia. Saat itu Lapran Pane masih duduk di tingkat I.
Melihat dan menyadari bahwa kehidupan manusia dan mahasiswa yang beragama islam pada waktu itu, Menjadi sesuatu yang melatar belakangi pemikiran dalam pendiarian HMI.

Setelah melakukan beberapa kali mengadakan pertemuan yang berakhir pada kegagalan, dan ahirnya pada hari rabu 14 rabiul awal 1366, bertepatan pada 5 febuari 1947 barulah resmi terbentuknya HMI.

2. Pergerakan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI)
Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia disingkat (PMKRI) merupakan Organisasi Kepemudaan (OKP) Katolik yang berfungsi sebagai organisasi pembinaan dan organisasi perjuangan mahasiswa katolik (juga bukan katolik) yang berazaskan Pancasila, dijiwai kekatolikan, dan disemangati kemahasiswaan.
Dan pada 25 Mei 1947 didirikannya organissi ini. Namun demikian cikal bakal organisasi ini telah lahir jauh sebelumnya yakni saat berdirinya KSV Sanctus Bellarminus.

3. Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)
Pada mulanya ada tiga organisasi di tiga kota, yaitu Gerakan Mahasiswa Merdeka di Jakarta, Gerakan Mahasiswa Demokrat di Yogyakarta, dan Gerakan Mahasiswa Marhaenis di Surabaya yang memiliki watak yang sama, yaitu kebangsaan dan kerakyatan. Didasari oleh kesamaan watak ini, mereka melebur diri menjadi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, kemudian disingkat menjadi GMNI, pada tanggal 23 Maret 1954.
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

9 comments:

  1. Ternyata HMI sudah lama banget ya ? berdiri tahun 1947 hmmm Pantas saja anggota dan alumninya banyak banget termasuk Pak Jusuf Kalla dan masih banyak lagi tokoh-tokoh negara yang menjadi alumni HMI,. Luar biasa sharing nya Mas Update Campuran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk Rakanda Abubakar Ba'asyir:
      artikelnya pake sumber dong gan ?

      Delete
  2. Organisasi kemahasiswaan lahir setelah indonesia merdeka, berarti sangat sedikit anak bangsa yang berpendidikan dimasa penjajahan

    ReplyDelete
  3. Semoga Organisasi Kemahasiswaan tetap eksis dan bisa menjadikan wahana organisasi bagi semua Mahasiswa.

    Foll back sukses..

    ReplyDelete
  4. Organisasi mahasiswa CSB (d/h BSC) di Bandung, didirikan tahun 1920, adalah organisasi mahasiswa yang tertua di Indonesia.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT