BREAKING

Olahraga untuk Kesehatan Lutut

Advertisement:

Memasuki usia senja, kesehatan tulang sudah pasti akan berkurang. Tulang yang paling rawan yang mengalami pengurangan kualitas ialah tulang di daerah kaki.  Jadi wajar saja jika keluhan lansia terjadi sekitar tulang kaki karena kaki membantu kita menopang badan setiap hari.


Bagian dari kaki yang paling menopang badan adalah lutut. Jika lutut kita lemah, maka dapat diperkirakan kita tidak akan mampu berjalan dengan baik. Untuk itu, diperlukan beberapa olahraga khusus untuk menjaga kesehatan lutut. Berikut ini adalah beberapa gerakan olahraga yang bisa menyehatkan lutut Anda, seperti yang dilansir dari laman Health.
7 Olahraga untuk Kesehatan Lutut Anda

Lekuk satu kaki
Pertama, carilah tumpuan untuk melakukan gerakan ini, seperti tembok, tiang, atau kursi. Kemudian, gunakan kaki kanan Anda sebagai tumpuan, arahkan semua beban tubuh ke kaki kanan Anda. Perlahan, angkat kaki kiri sehinggs sejajar bokong di belakang Anda. Lakukan selama 20 hitungan dan lakukan pergantian kaki agar porsinya seimbang.



Peregangan calf

Rentangkan kedua tangan Anda dan tempelkan pada dinding. Posisikan kaki kanan di belakang kaki kiri Anda. Dengan bertumpu pada dinding, lekukkan kaki kiri Anda ke depan dengan lutut kaki kanan berposisi lurus. Lakukan secara berulang selama 30 hitungan.


Gerakan gunting

Baringkan tubuh Anda ke sebelah kiri dan miringkan tubuh seperti posisi tertidur dengan kedua kaki menumpuk. Posisikan lengan kiri anda di lantai dan jadikanlah tumpuan. Kemudian, angkat dan turunkan kaki kanan secara perlahan, seperti gerakan menggunting. Ulangi sebanyak 30 kali dan ganti ke beda posisi.


Gerakan candi

Buka dan rentangkan kedua kaki sejajar rentangan tangan Anda, lekukan lutut ke atas dan ke bawah sehingga membentuk seperti kepala candi. Dalam posisi setengah jongkok, tarik napas dan tekan bagian perut dan paha Anda. Lakukan selama 15 detik untuk 3 repetisi.


Mengangkat kaki

Posisikan badan terlentang dengan kaki kiri dilipat ke depan, kaki kanan lurus ke atas, kedua tangan disamping, dan telapak tangan menempel di lantai. Gerakkan kaki kanan ke atas dan ke bawah selama minimal 20 kali repetisi. Tarik dan buang napas perlahan selama gerakan ini.


Gerakan anak tangga

Gerakan ini memerlukan Anda untuk melakukannya di rangkaian anak tangga. Langkahkan kaki naik dan turun secara bergantian seperti menaiki anak tangga. Lakukan hanya pada satu anak tangga saja, tidak perlu menaiki anak tangga tersebut.

Lakukan gerakan ini sebanyak 20 repetisi, ketika sudah merasakan tegang dibagian betis dan lutut, istirahatlah sejenak dan lanjutkan lagi jika tenaga sudah kembali.


Kepakan kupu-kupu

Posisikan tubuh Anda dalam posisi duduk bersila. Dengan posisi bahu tegak, lipat dan tempel kedua tangan seperti segitiga, dan perlahan jatuhkan badan Anda seraya melurukan kaki Anda. Gerakan ini terbilang sulit dilakukan dan membutuhkan tingkat keseimbangan yang tinggi. Jadi berhati-hatilah.
source: http://life.viva.co.id/news/read/565623-7-olahraga-untuk-kesehatan-lutut-anda
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT