BREAKING

Ini Alasan Tak Boleh Makan Banyak Saat Berbuka

Advertisement:
Ini Alasan Tak Boleh Makan Banyak Saat Berbuka

Saat berbuka puasa tak jarang orang yang langsung menyantap berbagai jenis makanan dengan jumlah yang besar. Apalagi di awal-awal puasa, biasanya keluarga masih semangat menyiapkan menu berbuka yang melimpah di rumah.

Jangan remehkan hal ini karena bisa jadi Anda malah membahayakan perut sendiri.

Menurut ahli gizi Emilia E Achmadi, saat berpuasa kondisi perut telah kosong selama seharian penuh sehingga kurang bijaksana jika langsung diisi dengan makanan berat saat berbuka.

"Akibatnya perut akan kaget dan bisa memproduksi banyak gas. Bisa asam lambung juga," ujar Emilia

Ia menyarankan untuk membiarkan perut beradaptasi terlebih dahulu saat berbuka puasa. Untuk itu ada baiknya jika didahului dengan mengkonsumsi minuman yang hangat dan manis seperti teh.

Setelah itu Anda bisa mengonsumsi makanan kecil. Namun ingat, konsumsilah secara perlahan dan tidak terburu-buru.

Untuk makan berat, lanjut Emilia, bisa disantap setelah melakukan ibadah tarawih.

"Makan malam tetap seperti biasa harus terdiri dari karbohidrat, protein, serat, buah dan sayuran. Sahur juga begitu. Pokoknya usahakan porsinya 1/3 dari kebutuhan kalori per hari," jelas Emilia.

Emilia juga menyarankan untuk menyantap makanan kecil sebelum tidur seperti buah atau yoghurt untuk memenuhi kebutuhan kalori sehari-hari.

Untuk wanita dengan gaya hidup normal atau yang tidak banyak beraktivitas fisik memiliki kebutuhan kalori per hari sebanyak 1.500-1.800 kilo kalori. Sedangkan pria, sebanyak 2.000-2.500 kilo kalori.
source: http://life.viva.co.id/news/read/640644-ini-alasan-tak-boleh-makan-banyak-saat-berbuka
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

1 comment:

  1. yang pasti kalo berbuka kekenyangan,jadi malas sholat taraweh

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT