BREAKING
Dewa Poker

10 Makanan yang Bisa Membuat Perut Buncit karena Kembung

Advertisement:
Beberapa jenis makanan bisa membuat fungsi sistem pencernaan melemah dan akhirnya makanan pun tak terolah dengan baik. Jika Anda mengalami perut kembung, sering buang gas atau merasa tidak nyaman setelah makan, mungkin saja Anda telah mengonsumsi satu atau dua dari 10 makanan yang kurang baik bagi perut ini, seperti dikutip dari Fit Sugar.
Makanan yang Bisa Membuat Perut Buncit

1. Es Krim
Lezat di lidah, tapi bisa membuat tubuh Anda bekerja keras untuk mencernanya. Es krim mengandung banyak lemak dan susu yang bisa menyebabkan perut kram, kembung dan mengganggu sistem pencernaan. Efeknya bisa lebih buruk pada orang yang memiliki intoleransi laktosa, yaitu kondisi di mana seseorang tidak memiliki enzim laktase yang diperlukan untuk mencerna laktosa --gula yang terdapat di dalam susu.

2. Polong-polongan
Polong-polongan seperti kacang merah, kacang hijau, buncis, kacang panjang atau legume sebenarnya kaya akan seat dan protein yang baik bagi tubuh. Tapi juga mengandung oligosaccharide, jenis gula yang sulit dicerna tubuh. Ketika gula ini sampai ke usus besar, akan memproduksi gas yang membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman. Jika ingin mengonsumsi polong atau biji-bijian, sebaiknya direndam dulu dalam air semalaman untuk mengurangi kadar oligosaccharide tanpa menghilangkan nutrisinya.

3. Makanan Pedas
Penyuka makanan pedas mungkin tidak suka dengan fakta ini. Tapi makanan pedas dan banyak bumbu adalah 'musuh' bagi perut jika Anda punya masalah dengan pencernaan. Makanan pedas bisa membuat dinding esofagus luka dan iritasi, membuat ulu hati dan jantung merasakan sensasi panas setelah menyantapnya. Selain itu makanan pedas juga memicu produksi gas di dalam perut.

4. Gorengan
Makanan yang digoreng seperti fried chicken atau french fries tinggi lemak dan penuh minyak. Meninggalkan 'pekerjaan rumah' yang berat bagi sistem pencernaan Anda. Seperti diketahui, lemak adalah susbtansi yang paling sulit dicerna dan cenderung hanya menjadi tumpukan tak berguna di dalam tubuh. Daripada menggoreng, lebih baik olah makanan dengan cara direbus, kukus atau panggang.

5. Mashed Potato
Teksturnya yang lembut dan creamy membuat kita tidak bisa menolak untuk menyantapnya. Tapi jangan kira karena teksturnya lembut di mulut, lantas mudah juga dicerna. Sebenarnya bukan karena kentangnya, tapi karena susu dan krim yang umumnya menjadi bumbu untuk memperkaya rasa. Susu dan krim sulit diolah tubuh dan bisa mendatangkan masalah bagi yang memiliki intoleransi laktosa. Jika ingin makan mashed potato, sebaiknya tidak diberi tambahan susu. Cukup campurkan dengan merica atau sedikit garam agar rasanya tidak terlalu hambar.

6. Cokelat
Penganan pembangkit rasa bahagia ini mengandung kafein dan tinggi akan lemak. Kombinasi keduanya bisa berdampak negatif bagi orang yang punya masalah pencernaan. Jika Anda termasuk pencinta cokelat dan sulit menghindarinya, pilih jenis yang dark chocolate dengan kadar 50 persen ke atas. Bukan milk chocolate atau white chocolate yang lebih banyak susu, lemak dan gulanya ketimbang cokelat itu sendiri.

7. Bawang Merah Mentah
Makan sate kambing dengan bumbu kecap yang ditaburi bawang merah mentah, memang terasa sangat nikmat. Bawang merah sebenarnya baik bagi tubuh, tapi ketika dimakan mentah bisa membuat perut 'stres' dan memproduksi banyak gas di dalam perut. Belum lagi bisa meninggalkan bau tidak sedap di mulut dan tubuh. Akan jauh lebih baik bila Anda mengonsumsi bawang merah yang sudah matang.

8. Sayuran Kubis
Kubis dan sayuran sejenisnya seperti kembang kol, bok choy, seledri dan brokoli punya kandungan vitamin, mineral, antioksidan serta kaya serat yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Tapi sayuran jenis ini juga mengandung jenis gula --raffinose-- yang diketahui meningkatkan produksi gas dan membuat perut kembung. Sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi sayuran ini terutama yang menderita penyakit maag.

9. Permen Karet Bebas Gula
Permen bebas gula umumnya menggunakan pemanis buatan seperti sorbitol. Mengonsumsinya sedikit saja bisa membentuk gas di dalam perut dan mengakibatkan kembung. Selain karena kandungan sorbitol, perut yang kembung juga disebabkan karena terlalu banyak udara yang masuk dari mulut ketika mengunyah permen karet.

10. Minuman Citrus
Minuman yang mengandung buah citrus kaya akan vitamin C. Tapi citric acid yang dikandungnya bisa membuat esofagus teriritasi. Jika Anda menderita maag, sebaiknya jauh-jauh dari minuman ini.
source: http://forum.inilah.com/showthread.php?98736-10-Makanan-yang-Bisa-Membuat-Perut-Buncit-karena-Kembung
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

1 comment:

  1. Saya baru paham sebab kembung beberapa waktu lalu. Yaitu kacang hijau yang tidak sirendam.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT