BREAKING

Cara Benar Tidur Siang

Advertisement:
MUNGKIN saja, gara-gara aktivitas di malam hari masih begitu padat, waktu istirahat jadi berkurang. Bisakah tidur siang jadi solusi?

Menurut dr. Henni Wahyu, sebenarnya ahli kesehatan tidak menganjurkan tidur siang hari dijadikan waktu istirahat layaknya malam. Kalau pun tidur siang dirasa sangat dibutuhkan, dokter di RSIA Budhi Jaya ini menyarankan, manfaatkanlah sebagai waktu rehat dengan batas waktu.

Artinya, istirahat ala kadarnya. Tidak perlu berlebihan guna menghindari dampak negatif dari tidur siang. Hal ini jauh lebih baik dalam memulihkan kondisi tubuh yang lelah.

“Tidur siang sebentar efektif. Tidur siang lama malah jadi lebih letih,” ujarnya saat diwawancarai Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, Rabu (27/11).
Cara Benar Tidur Siang
Dokter lulusan Universitas Indonesia ini menambahkan, tidur siang sebentar yang dimaksud adalah tidur dengan cara power nap. Yakni, melakukan rebahan dan memejamkan mata sesaat. Tujuannya agar tubuh dapat memulihkan tenaga setelah bekerja secara berlebihan. 

Akan tetapi, power nap sebaiknya dilakukan paling lama dua puluh menit. Pasalnya, tidur siang lebih dari itu justru bisa  memberikan efek buruk. 

“Dampak buruknya, malah bisa bikin orang jadi gampang letih atau malah insomnia,” paparnya.

Terkait dengan anggapan bahwa tidur di waktu siang menjelang sore mendatangkan dampak negatif lantaran bisa bikin pusing, Henni menepisnya. Kata dia, tidur menjelang sore tidaklah menjadi masalah asalkan tidak berlebihan. 

Menurut dia, tidur siang bukanlah faktor utama orang pusing-pusing setelah tidur. Seseorang yang pusing-pusing akibat tidur siang bisa juga diakibatkan oleh waktu tidur siang yang terlalu lama atau posisi tidur yang kurang tepat.

“Kayak motto hidup aja. Semua yang kecukupan, tidak kebanyakan dan tidak kesedikitan itu baik,” pungkasnya.

Meskipun boleh istirahat di siang hari, Henni tetap menganjurkan agar menggunakan waktu malam hari sebagai waktu tidur. Alasannya, malam hari merupakan masa ketika tubuh manusia mereparasi sel-sel karena pertumbuhan hormon bekerja. 

Lebih jauh Henni mengingatkan, bagi usia dewasa, istirahat secara ideal sebanyak 7 jam. Sedangkan remaja muda sekitar 8-10 jam dan anak-anak 5-10 tahun dengan waktu istirahat 10-11 jam.

Lebih dari batas itu sudah masuk kategori berlebihan, sehingga berpotensi mendatangkan keburukan pada tubuh. Inilah yang membuat tidur tak lagi menyehatkan.
source: http://id.she.yahoo.com/cara-benar-tidur-siang-073752866.html
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT