BREAKING

Studi: Kopi Bisa Perkuat Ingatan

Advertisement:
Studi terbaru yang dilakukan Johns Hopkins University, di Baltimore, Amerika Serikat menemukan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi membantu meningkatkan daya ingat seseorang.

Dari hasil penelitian yang dilakukan menggunakan pil kafein 200mg atau setingkat dengan kandungan kafein dalam secangkir kopi, yang diminum setelah mempelajari sesuatu, justru membuat ingatan jauh lebih kuat.

manfaat kopi
Peneliti meminta 100 partisipan untuk mengingat gambar sebuah objek, baik di dalam maupun di luar ruangan. Mereka diminta melihat gambar-gambar tersebut lima menit setelah meminum pil. Setengah partisipan diberi pil plasebo yang tidak mengandung kafein.

Partisipan juga diambil sampel saliva atau air liur setelah tiga jam dan 24 jam dari saat mereka meminum pil, untuk mengetahui tingkat kafein. Keesokan harinya, partisipan kembali diminta melihat gambar objek serupa, ditambah beberapa gambar acak.

Kedua kelompok partisipan bisa mengidentifikasi gambar, baik yang baru maupun lama. Namun kelompok yang meminum pil kafein, bisa mengidentifikasi gambar dengan lebih akurat. Sementara kelompok dengan pil plasebo kesulitan menentukan gambar baru atau lama.

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Nature Neuroscience.

Neurologis Dr. Michael Yassa mengatakan penelitian tersebut menegaskan bahwa kafein memang memiliki kemampuan untuk memperkuat memori. "Tapi dengan penelitian ini, kita semakin mengetahui bahwa kemampuan itu terfokus pada penguatan ingatan yang membuat memori kita mempertahankan apa yang telah kita pelajari sebelumnya," kata Dr. Yassa, dikutip dari Daily Mail.

Pusat memori di otak terletak di bagian depan otak yang bernama hippocampus. Hingga saat ini belum ada penelitian dilakukan guna menjelaskan efek kafein pada hippocampus secara detail.

"Jika kafein dikonsumsi dalam jangka waktu 24 jam selama pembelajaran, maka memori kita tidak akan dengan mudah melupakannya," ujar Dr. Yassa.

Lebih lanjut, Dr. Yassa bersama tim penelitinya mengatakan akan mengadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mekanisme kerja otak setelah distimulasi kafein. "Dengan demikian kita bisa memetakan cara kerja otak dalam mempertahankan memori secara lebih sistematis," ucapnya.
source: http://life.viva.co.id/news/read/472834-studi--kopi-bisa-perkuat-ingatan
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

1 comment:

  1. Wow ternyata kopi bermanfaat untuk mempertahankan memori ya mas .. sayang sekali saya bukan penggemar kopi ..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT