BREAKING
Dewa Poker

Khasiat Jahe Merah dan Mengkudu bagi Kesehatan

Advertisement:
Khasiat Jahe Merah dan Mengkudu bagi Kesehatan
Mengkudu dan jahe merah sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Mengkudu merupakan buah yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit kuning, hingga kanker.
Sementara itu, jahe merah adalah tanaman herbal yang dikenal dengan khasiatnya sebagai penghangat tubuh, mengobati batuk serta mampu meningkatkan gairah seksual.

Dan kini, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 kembali mengungkap khasiat lain dari buah mengkudu dan jahe merah. Penelitian yang dipimpin oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr. Arifin Nawas, mengungkap bahwa mengkudu dan jahe merah dapat membantu mengobati penyakit tuberkulosis (TB).

Penelitian yang dilakukan kepada 100 pasien penderita TB ini mengungkap bahwa kombinasi ekstrak mengkudu dan jahe merah, efektif digunakan sebagai suplemen dalam mengobati penyakit TB.

Dalam penelitian tersebut, pasien dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan obat TB ditambah ekstrak mengkudu dan jahe merah, sedangkan kelompok kedua hanya diberi obat anti TB ditambah plasebo. Kemudian, mulai pekan kedua hingga ke-24, para peneliti melakukan pemeriksaan pada seluruh pasien terkait gejala, pemeriksaan klinis, dan pemeriksaan BTA.

Hasilnya, dalam waktu kurang atau sama dengan enam pekan, sebanyak 20 pasien yang diberi ekstrak mengkudu dan jahe merah mengalami penurunan infeksi lebih cepat dibanding 13 pasien yang hanya diberi obat TB.

"Kecepatan ini dapat mengurangi penularan TB kepada orang-orang di sekitarnya," ujar dr. Arifin dalam acara Soho #BetterU: Hari Tuberkulosis, di Hotel Akmani Jakarta.
Arifin melanjutkan bahwa penyakit TB biasanya menyerang orang yang sistem imunitas tubuhnya rendah. Sementara itu, ekstrak mengkudu mengandung zat yang diketahui mampu mengaktivasi sistem imunitas tubuh. Jika ditambah dengan jahe, dapat memberikan efek sinergi antimikroba.

"Kandungan antimikroba ini bahkan seharusnya bisa dijadikan sebagai obat. Karena itu, kami berharap penelitian selanjutnya bisa membuktikan bahwa mengkudu dan jahe merah mampu mengobati TB," katanya.
source: http://life.viva.co.id/news/read/489946-ini-khasiat-jahe-merah-dan-mengkudu-bagi-kesehatan
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

2 comments:

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT