BREAKING

Bahaya Bangun Tidur Dengan Kaget

Advertisement:
Bahaya Bangun Tidur Dengan Kaget
Ada beberapa kasus, tidur tersentak dengan serta-merta karena dibangunkan dengan cara dikagetkan. Itu membuat tubuh terasa tak nyaman. Dada berdebar, bahkan disertai sakit kepala.

Salah satu pembaca VIVAlife mengalaminya. Ia khawatir, membangunkan dengan cara dikagetkan bisa menimbulkan gejala penyakit jantung. Apakah benar cara itu bisa berbahaya bagi tubuh?

Simak konsultasi pembaca VIVAlife berikut dengan dr. Rahajeng A.P.

Tanya:

Saya pernah dibangunkan dari tidur dengan cara dikagetkan. Saya langsung duduk dan berdiri. Tapi, setelah itu keringat dingin saya keluar dan jantung saya berdegup kencang. Napas saya sesak, kepala saya pusing. Kondisi seperti itu baru hilang 30 menit setelah saya menenangkan tubuh.

Ini sering terjadi kepada saya, ada apa? Membangunkan seseorang dari tidur dengan mengagetkan, apakah bisa berbahaya, atau itu hanya terjadi pada orang dengan penyakit jantung tertentu?

Terima kasih atas jawaban dan penjelasannya.

Nadya, 21 tahun

Jawab:

Menurut referensi medis, tidak ada bahaya tertentu bila membangunkan orang yang sedang tidur dengan cara dikagetkan. Rasa berdebar yang muncul, bisa jadi karena efek dari irama circadian (irama yang secara fisiologis terjadi di otak atau jam biologis tubuh) terganggu karena kaget.

Hanya saja, dibangunkan dengan cara dikagetkan memang membuat rasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa berdebar, kadang juga disertai pusing. Dari cerita Anda, sepertinya tidak mengarah ke penyakit jantung tertentu. Penderita gangguan jantung akan mengalami gejala nyeri dada, sesak, berat di dada, serta berdebar-debar.

Semoga bermanfaat.

dr. Rahajeng A.P.

source: http://life.viva.co.id/news/read/511328-konsultasi--bangun-tidur-dengan-kaget--apa-bahayanya-
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT