BREAKING

Bahaya Makanan Manis untuk Gigi

Advertisement:
Bahaya Makanan Manis
Makanan manis seringkali dijadikan hidangan istimewa untuk berbuka puasa. Mulai dari kolak, es campur, teh manis hingga kue-kue kecil. Penampilannya kadang memang menggoda selera. Namun, tanpa disadari, makanan lezat tersebut ternyata mengandung kadar gula tinggi, yang pastinya membahayakan kesehatan gigi.

Sebuah penelitian seperti diberitakan Female First, bahkan mengungkap, banyak orang tidak menyadari bahwa makanan yang mereka konsumsi sehari-hari tak pernah jauh dari tingginya kadar gula. Mulai dari sayur mayur yang diolah dengan membubuhkan gula, hingga makanan penutup juga buah segar, semua bisa berdampak buruk untuk kesehatan gigi.

Ahli gizi Amanda Hamilton mengatakan, "Kebanyakan orang dewasa dan anak-anak di Inggris juga makan terlalu banyak gula, apakah itu dari makanan ringan atau minuman bersoda. Dan banyak dari kita menyadari bahwa makanan manis sesungguhnya bisa dinikmati asalkan dengan aturan. Perlu dicatat bahwa gula juga bisa terdapat dalam bumbu masak."

Dr Nigel Carter OBE, chief executive dari British Dental Health Foundation (BDHF) juga mengatakan, "Ketika Anda minum dan mengunyah makanan bertepung atau manis, Anda tidak hanya makan untuk diri sendiri. Tanpa sadar  Anda juga memberi makan plak yang dapat menyebabkan kerusakan di mulut.".

Perlu diketahui, plak sangat tipis, bahkan bakteri yang lengket di permukaan plak mungkin tak akan terlihat. "Ketika gula dalam mulut Anda bersentuhan dengan gigi,  asam yang dihasilkan dapat menyerang gigi selama 20 menit lebih setelah Anda selesai makan. Serangan berulang-ulang dapat memecah enamel keras permukaan gigi, yang mengarah pada pembusukan," ujar Carter lagi.

"Untuk melawan kerusakan gigi, penting untuk menjaga kesehatan mulut rutin yang sederhana termasuk, menyikat gigi selama dua menit dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, mengurangi makanan dan minuman manis, mengunjungi dokter gigi sesuai anjuran,  dan lakukan flossing juga gunakan obat kumur untuk membantu menyingkirkan potongan-potongan makanan dan bakteri.
source: http://life.viva.co.id/news/read/521956-bahaya-makanan-manis-untuk-gigi
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT