BREAKING

Gejala Penyakit Hepatitis

Advertisement:
Memiliki tubuh yang sehat merupakan aset berharga untuk kelangsungan hidup seseorang. Untuk itu, mencegah sakit lebih baik daripada mengobati. Bukan hanya kesehatan jantung yang perlu dijaga. Kesehatan organ hati atau liver juga perlu mendapat perhatian khusus.

Gejala Penyakit Hepatitis
Dan perlu Anda tahu, ada penyakit yang bisa merusak kerja organ hati, yakni hepatitis. Penyakit hepatitis merupakan penyakit cikal bakal dari kanker hati.

Konsultan gastroenterohepatologi dari Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo (RSCM) dr. Irsan Hasan SpPD-KGEH, pada acara Hari Hepatitis Sedunia,yang diselenggarakan oleh SOHO Global Health menyatakan, virus hepatitis merupakan penyebab paling umum dari penyakit hepatitis di dunia.

Menurutnya, hepatitis adalah peradangan yang muncul pada organ hati. Kondisi ini dapat sembuh sendiri atau dapat berkembang menjadi fibrosis (jaringan parut), sirosis atau kanker hati.

"Perlu dicatat, angka kematian yang disebabkan sirosis dan kanker hati cukup tinggi. Selain itu mengobati kedua komplikasi tersebut juga cukup sulit," katanya.

Dr. Irsan menjelaskan, virus hepatitis bisa berkembang karena konsumsi zat beracun (misalnya alkohol atau obat-obatan tertentu), pelemakan hati dan penyakit autoimun juga dapat menyebabkan hepatitis.

Terkait prevalensi hepatitis di Indonesia, dr.Irsan menyatakan, satu dari sepuluh masyarakat Indonesia mengidap penyakit hepatitis. Gejala yang muncul dari penderita hepatitis di antaranya demam, lesu, hilang nafsu makan, dan mual.

"Nyeri pada perut kanan atas dan disertai urine warna cokelat yang kemudian diikuti warna kuning pada kulit dan sklera mata karena tingginya bilirubin dalam darah," ucapnya.

Hepatitis dapat pula terjadi tanpa menunjukkan gejala (asimptomatis). Pada jenis hepatitis B,C, dan D virus dapat ditularkan melalui hubungan seks dan melalui darah.
source: http://life.viva.co.id/news/read/522265-ketahui-gejala-penyakit-hepatitis
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT