BREAKING

Gejala dan Pencegahan Varises

Advertisement:
Gejala dan Pencegahan Varises
Selama ini banyak orang yang masih memandang varises sebagai masalah kosmetik dan hanya mengganggu penampilan. Hal ini masih dimaklumi karena varises yang dikenal masyarakat umum adalah urat-urat halus berwarna ungu kebiruan yang biasa tampak pada kaki seseorang.
Masih minimnnya pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap penyakit varises membuat banyak pasien yang datang untuk berobat ke dokter sudah mengalami gangguan stadium lanjut. Padahal penyakit  varises bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal.

Suhartono, dokter bedah vaskuler dari Venosan Clinic Indonesia mengatakan, varises merupakan suatu penyakit bukan masalah kosmetik. Katanya, penyakit varises  harus mendapat penanganan yang tepat.
Sebab, varises pun bisa menimbulkan komplikasi serius seperti penyumbatan pembuluh darah balik yang dapat menyebabkan emboli paru  (pulmonary embolism /PE). Ataupun dapat berupa koreng, perubahan warna kulit pada kaki yang sulit disembuhkan jika sudah terjadi.
“Tidak perlu khawatir meski terbilang mempunyai komplikasi lanjut yang berbahaya namun penyakit varises ini masih bisa disembuhkan,” kata Suhartono kepada VIVAlife, Selasa 2 September 2014.

Seperti diketahui, varises adalah pembesaran pembuluh darah vena di sertai dengan kerusakan katup. Pembuluh vena bertugas mengembalikan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena terdapat katup satu arah yang mencegah darah mengalir ke arah sebaliknya (reflux). Oleh para pakar varises ini dicurigai terjadi karena tidak berfungsi dengan baik katup vena dimana hal ini berkaitan dengan berbagai faktor.
“Kalau orangtua kita ada yang varises maka semakin tinggi resiko kita akan terkena varises juga,' tambah Suhartono.
Selain faktor keturunan, kata dia, varises juga bisa muncul karena kurang olahraga, terlalu lama duduk ataupun berdiri, kolesterol tinggi, obesitas, dan sering memakai sepatu hak tinggi.

Jika penyakit varises tersebut masih pada stadium awal, pasien bisa menempuh pengobatan dengan menggunakan medical stocking khusus varises. Untuk varises berupa urat halus ungu kebiruan seperti sarang laba-laba dapat dilakukan skin laser atau dapat dengan cara menyuntikkan schlerosing agent ke pembuluh darah vena (schelotherapy). Namun jika penyakit varises tersebut sudah lanjut, pasien harus menjalani tindakan operasi melalui metode Endovenous Laser Treatment (EVLT) yang merupakan terapi pilihan saat ini dengan hasil terbaik dibandingkan tindakan lain.

Laser terbaru
Pendiri sekaligus Direktur Venosan Clinic Indonesia Tuti Laela Nusa menjelaskan,Endovenous Laser Treatment merupakan suatu terobosan teknologi terkini untuk tindakan penyembuhan penyakit varises. Dengan menggunakan mesin laser generasi terbaru, hasil yang didapat sangat bagus secara estetika, tanpa pembedahan, tanpa rawat inap.
"Hanya bius lokal sehingga tingkat komplikasi rendah, setelah tindakan pasien dapat segera berjalan dan beraktivitas normal. Sehingga prosedur EVLT ini aman, cepat dan efektif," katanya.
Biasanya tindakan EVLT yang dilakukan di rumah sakit di luar negeri. Namun kini EVLT sudah dapat dilakukan di Venosan Clinic.

Sebelum mendapatkan tindakan medis dari dokter, pasien akan diperiksa dengan menggunakan Doppler Ultrasound. Tujuannya, untuk memeriksa kondisi vena secara lengkap dan detail dimana hasil pemeriksaan tersebut untuk menentukan tingkat keseriusan dari penyakit vena yang dialami pasien dan untuk menuntun saat melakukan pengobatan dan evaluasi setelah pengobatan.
"Dari hasil pemeriksaan Doppler Ultrasound tersebut, dokter kami akan merekomendasikan pengobatan yang tepat untuk tiap pasien. Apakah pengobatan cukup dengan injeksi, skin laser, Endovenous Laser Treatment (EVLT), atau kombinasi beberapa treatment," kata dia.
source: http://life.viva.co.id/news/read/534460-tahu-dini-gejala-dan-pencegahan-varises
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT