BREAKING

Bahaya Memencet Jerawat

Advertisement:
Munculnya jerawat bisa menjadi sumber malapetaka bagi sebagian orang, terutama wanita. Jerawat dapat merusak penampilan dan rasa percaya diri. Banyak di antara kaum Hawa terpaksa menutupi benjolan di wajah, dengan plester atau menimbun dengan bedak tebal.

Namun ada juga beberapa orang yang nekat melakukan 'operasi' kecil-kecilan, dengan cara memijit paksa jerawat (belum matang) yang ada pada bagian wajah. Dari sisi medis, apakah hal ini aman?

Nina Amelia, dokter dari laman MeetDoctor mengatakan memecahkan jerawat memang diperbolehkan, sejauh dilakukan oleh ahlinya. Sebab jerawat adalah sebuah benjolan yang berisi cairan-cairan, yang bisa saja mengandung kuman atau bakteri.

"Soalnya, kantung jerawat itu isinya penuh sel kulit mati, bakteri, dan minyak (sebum). Bayangkan apa yang akan terjadi bila Anda memaksa memecahkannya? Saat kantung tersebut `meletus,` maka bakteri yang berada di dalamnya akan tersembur keluar.


Nah, bila bakteri tersebut ternyata menyembur dan malah berdiam pada pori kulit lain, maka yang akan timbul adalah peradangan lainnya," ujar Nina menggambarkan dengan detail.

Yang bahaya, adalah proses pemecahan jerawat yang dilakukan sendiri di rumah. Karena kebersihan jari dan wajah saat jerawat dipecahkan, belum tentu terjamin steril. "Kuman pada jari dan alat yang kita gunakan untuk memecahkan jerawat, juga akan memerparah infeksi yang ada.

Nina tak menyarankan pemecahan  jerawat sendiri, karena justru dapat memperparah kondisinya. Selain itu, penekanan yang kita berikan pada jerawat, akan menimbulkan trauma kulit yang akhirnya merusak struktur kulit yang tadinya mulus. "Hal ini akan berakhir pada timbulnya luka permanen atau koreng," ujarnya, dengan tidak bermaksud menakut-nakuti.
source: http://life.viva.co.id/news/read/588506-memencet-jerawat-membuat-kulit-korengan
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

2 comments:

  1. Saya juga kadang memencet jerawat mas,biar lebih lega, soalnya kadang sakit kalau udah matang tp dibiarkan saja.

    ReplyDelete
  2. semoga jerawatnya sembuh ya mas :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT