BREAKING

Dampak Buruk Mengunyah Permen Karet

Advertisement:
Keranjingan mengunyah permen karet? Sebaiknya Anda tidak terlalu sering melakukannya. Sebab, permen karet bisa menimbulkan sakit tak tertahankan di kepala.

Sebuah penelitian terbaru di Tel Aviv University menyebutkan, sakit kepala sering diderita remaja yang mengunyah permen karet. Itu dibuktikan melalui sebuah penelitian terhadap 30 remaja dengan usia rata-rata 16 tahun.
Dampak Buruk Mengunyah Permen Karet
Seluruh responden mengalami sakit kepala kronis atau migrain. Mereka dikelompokkan menjadi empat kelompok berdasarkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk mengunyah permen karet setiap hari.

Kemudian, mereka diminta berhenti mengunyah permen karet selama satu bulan. Setelah jangka waktu sebulan berakhir, 26 dari mereka diminta mengunyah permen karet lagi.

Ketika para remaja itu berhenti mengunyah permen karet selama sebulan, 26 dari mereka melaporkan gejala sakit kepalanya membaik. Sebanyak 19 orang di antaranya bahkan sama sekali tidak mengalami sakit kepala.

Saat diminta mengunyah permen karet lagi, 20 di antaranya kembali sakit kepala. Ada beberapa versi soal penyebab munculnya sakit kepala seiring dengan kebiasaan mengunyah permen karet.

Penelitian sebelumnya menjelaskan, saat seseorang mengunyah permen karet, ada tekanan yang terjadi pada sendi temporomandibular (pertemuan antara tengkorak dan rahang). Studi lain memaparkan, aspartam dalam gusi lah penyebab sakit kepala itu.

Namun, Dr Nathan Watemberg peneliti dari Meir Medical Center yang berafiliasi dengan Tel Aviv University menerangkan, permen karet dan sakit kepala mungkin dihubungkan tekanan pada sendi temporomandibular .

“Setiap dokter tahu bahwa terlalu sering menggunakan TMJ (temporomandibular joint) akan menyebabkan sakit kepala,” kata Watemberg, seperti dilansir Huffington Post. “Saya yakin ini yang terjadi ketika anak-anak dan remaja mengunyah permen karet secara berlebihan,” ujarnya.
source: http://life.viva.co.id/news/read/467864-waspadai-dampak-buruk-mengunyah-permen-karet
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

2 comments:

  1. Nah yah, saya termasuk orang yang mengalami ini... sakit kepala kalau abis makan permen karet, makanya jadi tidak suka sejak dulu... thanks infonya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT