BREAKING

Ingin Langsing, Makan dengan Piring Warna Merah

Advertisement:
Di setiap pesta, berbagai camilan disajikan dengan indah agar selera tetamu tergoda. Dan kita memang kerap gampang terhasut, lalu terus-terusan mengunyah. Jika bakat doyan camilan ini terus dibawa hingga rumah dan kantor, jangan kaget jika Anda kian melebar. Apalagi jika porsi makan kian banyak.

Sebenarnya, ada cara mudah untuk menghentikan nafsu makan. Cobalah fokus pada warna merah. Menurut studi baru, orang cenderung tak nafsu makan jika hidangan disajikan di atas piring berwarna merah.
Ingin Langsing, Makan dengan Piring Warna Merah
Temuan ini dilatarbelakangi perhatian peneliti terhadap kebiasaan orang mengambil makanan di prasmanan. Dengan piring berwarna, mereka menumpuk makanan lebih sedikit dibanding saat menggunakan piring putih.

Peneliti kemudian menyimpulkan, makanan akan lebih sedikit diambil ketika seseorang melihat warna yang kontras. Dan ternyata, warna yang memberi efek itu hanya merah.

Demi menguji dugaan itu, dilakukan penelitian. Peneliti menggunakan piring dengan tiga warna: merah, putih, dan biru. Sebanyak 240 orang dilibatkan. Mereka diberi makanan berupa popcorn dan biskuit cokelat yang disajikan di atas ketiga piring.

Seluruh peserta penelitian ditanya, seberapa besar mereka menyukai makanan itu. Rasa suka terhadap makanan, memicu konsumsi berlebihan. Selain itu, peneliti juga mengukur perbedaan intensitas warna dan kontras makanan.

Hasilnya, rata-rata orang makan popcorn dan cokelat lebih sedikit ketika disajikan di piring merah, dibanding di piring biru atau putih. Peneliti pun yakin, makan dari piring berwarna merah berhubungan dengan konsumsi rendah.

Oliver Genschow, psikolog dari University of Mannheim menjelaskan, asumsi bahwa warna merah mengurangi nafsu makan, tidak diketahui peserta. Mereka melakukannya atas perintah alam bawah sadar.

Karena itu, ia merekomendasikan hasil penelitian itu untuk diaplikasikan pada pasien dengan gangguan makan tertentu.

Sayangnya, penelitian ini baru mengungkap satu sisi: soal konsumsi. Belum diketahui apa yang menyebabkan merah membuat nafsu makan seseorang merosot. Sebab, makna merah sendiri berbeda-beda di setiap kalangan.

Ada yang menyebutkan merah adalah simbol dari daya tarik dan romantisme. Namun, ada pula yang mengasosiasikan merah sebagai tanda bahaya dan keengganan.

“Orang-orang percaya segala macam hal tentang warna dan motivasi. Beberapa hal mungkin benar, tetapi kita perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan,” kata Nicola Bruno, peneliti psikologi kognitif dari University of Parma, Italia, seperti dikutip CNN.
source: http://life.viva.co.id/news/read/463040-ingin-langsing--makan-dengan-piring-warna-merah
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT