BREAKING

Studi: Cowok Maskulin Lebih Berisiko Kena Flu

Advertisement:
Studi: Cowok Maskulin Lebih Berisiko Kena Flu
Sudah bukan rahasia jika pria lebih rentan terserang flu daripada wanita. Sistem imun mereka lebih lemah. Tapi studi ilmiah terbaru menunjukkan, semakin maskulin pria, semakin ia tak berdaya menghadapi virus flu.

Apa sebab? Itu berhubungan dengan kadar hormon testosteron dalam tubuh. Hormon itu ternyata memilik “efek redaman” terhadap kekebalan tubuh melawan virus. Profesor Mark Davis, pemimpin peneliti di Stanford University California, membuktikannya.

Bersama timnya, ia menyuntikkan virus influenza terhadap 53 wanita dan 34 laki-laki. Terbukti, responden wanita lebih kuat menangkal virus. Sebaliknya, para pria lebih banyak yang terserang flu. Semakin tinggi kadar testosteronnya, semakin ia lemah.

Dalam penelitian itu ditemukan, pria dengan kadar testosteron tinggi menunjukkan tingkat yang lebih rendah dalam aktivitas seperangkat gen tertentu. Menariknya, gen itulah yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Para peneliti kemudian berpikir, testosteron bisa mengubah cara kerja sebuah gen. Namun untuk membuktikan itu, perlu penelitian lebih lanjut. Sementara ini peneliti cukup percaya, hubungan testosteron dengan kekebalan tubuh yang rendah dilatarbelakangi perilaku maskulin pria.

Dahulu, pria lebih sering bertempur dan berburu untuk hidup. Sistem kekebalan tubuh mereka pun lebih sering digunakan. Itu membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan, dan akhirnya autoimun terhadap diri sendiri. Seiring waktu, sistem itu juga melemah karena aktivitas pria sekarang berbeda dengan di masa lalu.

Apapun alasannya, Davis percaya studi yang dilakukannya bisa membuat pria berpikir lebih panjang saat ingin mengambil suplemen hormon testosteron. Biasanya, itu dilakukan untuk membentuk tubuh atau meningkatkan kemampuan bercinta pria.

“Tapi sekarang ada studi yang menunjukkan korelasi jelas antara kadar testosteron, ekspresi gen, dan respons kekebalan tubuh. Ini bisa jadi pemikiran bagi semua pengguna suplemen testosteron,” ujar Davis menjelaskan, seperti dilansir laman Daily Mail.
source: http://life.viva.co.id/news/read/468587-studi--pria-maskulin-lebih-berisiko-kena-flu
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT