BREAKING

Perbedaan Dampak Stres pada Pria dan Wanita

Advertisement:
Stres tidak hanya berimbas pada gangguan kesehatan, namun juga memperburuk hubungan dengan orang lain. Baik wanita maupun pria punya cara yang berbeda dalam menghadapi stres di tengah-tengah lingkungan mereka.

Peneliti menemukan sesuatu yang negatif pada pria. Stres cenderung menjadikan mereka egois dan kurang mampu memahami emosi mereka sendiri, apalagi  memahami orang lain. Bahkan, mereka mampu bersikap kejam.

Lain halnya dengan wanita, kaum hawa mampu bersikap lebih proporsial. Ini karena mereka mau berbagi masalah dan memanfaatkan bantuan dari luar.

Menurut peneliti, seseorang lebih mungkin menerima sumber daya tambah dari orang lain ketika dihadapkan pada situasi yang menuntut. Dukungan dari luar mampu mengatasi stres dengan baik.

Perbedaan Dampak Stres pada Pria dan Wanita
Para peneliti dari University of Vienna dan University of Freiburg, memulai studi dengan hipotesis awal bahwa individu cenderung egosentris. Sikap egois tersebut berimbas pada beban emosional dan kognitif, serta mengurangi empati. Peneliti terkejut bahwa pria diketahui lebih egosentris dalam studi ini.

Untuk mengujinya, peneliti menciptakan kondisi stres moderat  pada peserta pria dan wanita. Kemudian mereka diminta mengenali emosi diri sendiri dan orang lain, serta diminta mengambil keputusan atas perspektif orang lain. Ini dilakukan untuk menampilkan kognitif.

"Apa yang kami observasi adalah stres memperburuk kinerja pria dalam tiga jenis tugas. Hal sebaliknya berlaku untuk wanita," kata Giorgia Silani, pemimpin penelitian seperti dilansir laman Daily Mail.

Alasannya, wanita lebih mungkin menerima banyak dukungan saat berinteraksi dengan orang lain. Dengan demikian, wanita lebih mampu menerapkan strategi sosial. Sedangkan dari sisi fisiologi, sistem oksitosin dalam perbedaan jenis kelamin bisa berpengaruh. Oksitosin merupakan hormon yang berhubungan dengan perilaku sosial.
source: http://life.viva.co.id/news/read/489888-perbedaan-dampak-stres-pada-pria-dan-wanita
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT