BREAKING
Dewa Poker

8 Fakta Unik tentang Lidah

Advertisement:
Pernahkah Anda berpikir tentang lidah? Faktanya, tanpa lidah, Anda tidak bisa berbicara, bernapas atau bahkan berbicara. Tapi, banyak yang tidak tahu bahwa lidah tidak hanya berfungsi sebagai indera pengecap.

Nah, seberapa jauh Anda mengetahui tentang lidah? Kami beritahu 8 fakta unik tentang lidah yang mungkin belum Anda ketahui, seperti dilansir Huffington Post:
Fakta Unik Lidah

10 sentimeter
Ya, itu adalah rata-rata panjang lidah manusia. Mereka yang lidahnya lebih panjang atau lebih pendek dari rata-rata, biasanya punya cara pelafalan yang berbeda, atau dengan kata lain, cadel.

Punya ribuan bintil pengecap
Jika Anda meraba lidah, akan terasa permukaannya yang penuh bintil kasar. Sebuah penelitian mengungkap, jumlah bintil pada lidah mencapai 10 ribu buah. Dalam istilah biologi, mereka yang memiliki bintil lebih dari 10 ribu disebut "supertaster" atau mereka yang punya indera pengecap super.
Sementara itu, mereka yang bintil pengecapnya kurang dari 10 ribu disebut "nontaster". Umur bintil pengecap adalah 14 hari dan tubuh langsung menggantinya dengan yang baru.

Punya rambut
Layaknya seluruh permukaan tubuh manusia, lidah juga memiliki rambut yang disebut papilae. Hanya saja, rambut-rambut ini bersifat mikroskopis atau tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Tidak punya area khusus
Anda pasti pernah diajarkan bahwa terdapat area pengecap khusus untuk rasa manis, asam, asin, pahit, dan gurih. Padahal, sebenarnya, tidak ada area khusus pada lidah Anda. Semua rasa tersebar rata di bintil pengecap. Otaklah yang memilah rasa dan memberitahunya pada Anda.

Fleksibilitas lidah tidak tergantung genetik
Saat Anda kecil, pernahkah Anda mencoba menggulung lidah di depan cermin? Mitos menyebutkan kemampuan menggulung lidah diturunkan secara genetis. Kenyataannya, Anda bisa berlatih menggulung lidah tidak peduli dengan keturunan genetika.

Bukan otot terkuat
Lidah memang merupakan organ yang hampir seluruhnya merupakan otot. Oleh karena itu, lidah sangat fleksibel, sehingga bisa membantu Anda makan, berbicara, juga bernapas. Otot lidah juga tidak pernah lelah. Tapi, tidak berarti bahwa lidah adalah otot terkuat yang dimiliki manusia. Otot paling kuat yang dimiliki manusia adalah jantung.

Indikator kesehatan
Lidah yang sehat memiliki warna merah muda cerah. Oleh karena itu, perubahan warna dan tekstur pada lidah bisa jadi indikasi kesehatan seseorang. Lidah yang berwarna merah tua, dikombinasikan dengan rasa bengkak bisa jadi pertanda Anda mengalami radang tenggorokan.
Sementara itu, warna putih pada lidah menandakan demam tinggi atau infeksi jamur. Adapun, lidah yang terasa halus dan pucat adalah pertanda Anda kekurangan mineral esensial serta vitamin B12.

Penyebab mendengkur
Bentuk lidah yang gemuk merupakan salah satu penyebab Anda punya kebiasaan mendengkur. Perubahan bentuk lidah ini seiring dengan penambahan berat badan. Mereka yang obesitas punya lidah lebih gemuk dari mereka yang mempunyai berat badan normal. Di sisi lain, lidah yang gemuk menghalangi sirkulasi udara di tenggorokan dan menyebabkan dengkur yang lebih keras.
source: http://life.viva.co.id/news/read/547232-8-fakta-unik-tentang-lidah
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT