BREAKING

Perbedaan Tiger, Jaguar, Panther, Puma, Leopard, dan Cheetah

Advertisement:
Semua hewan di atas termasuk dalam keluarga/famili felidae (kucing) dan dibedakan oleh subfamili maupun genus dan spesies yang meliputi ciri-ciri fisik dan karakteristiknya.
Perbedaan Tiger, Jaguar, Panther, Puma, Leopard, dan Cheetah

1. Tiger
Biasa disebut juga harimau/ macan. merupakan salah satu dari keluarga kucing dengan genus panthera dan spesies Panthera tigris . Termasuk dan terbesar dari 4 anggota kucing besar (big cats family) dari genus panthera (tiger, singa, jaguar, leopard). Ada bermacam-macam sub-spesies dari jenis harimau. tersebar mulai dari eropa sampai asia. Contohnya Harimau siberia (Rusia), harimau benggala (India), harimau Asia (Jawa dan Bali) dan harimau Afrika.
Ciri-ciri fisik adalah terdapat bulu putih di area wajah, ukuran tubuh terbesar dan terberat dari semua keluarga kucing, warna tubuh coklat atau putih dengan garis (strips) warna coklat gelap sampai kehitaman menyelimuti tubuhnya. strips ini unik pada tiap harimau dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi tiap-tiap harimau walaupun bukan merupakan metode yang paling tepat.

2. Jaguar, leopard, Panther
Ketiga hewan di atas bagian dari keluarga kucing (felidae) dengan genus panthera dan spesies berbeda.
Jaguar (spesies panthera onca) merupakan salah satu dari keluarga kucing besar (big cats) terbesar ke-3 setelah harimau dan singa. Berasal dan ditemukan di benua Amerika.
Ciri-ciri fisik adalah warna coklat pada tubuh dengan bentuk serupa mawar (rosette) yg terdiri dari bintik (dots) di seluruh tubuhnya. Bila dilihat dari jauh serupa dengan bintik atau tutul. Warna bintik mulai dari coklat gelap hingga hitam. Memiliki kemampuan memanjat pohon sambil membawa mangsanya. Ada beberapa kondisi melanism di antara hewan ini (pigmen gelap yang berlebih). Kondisi yang akhirnya membuat warna gelap / hitam terjadi pada beberapa jaguar dan disebut black panther.

leopard (panthera pardus) memiliki ciri-ciri fisik hampir sama dengan jaguar. Ukuran tubuh lebih kecil dan terkecil dari anggota big cat family. Warna tubuh coklat dengan bentuk serupa mawar (rosette) warna coklat gelap hingga hitam dengan ukuran bintik lebih kecil dari jaguar. Tersebar dari afrika hingga asia. Kondisi melanism juga terjadi pada leopard dan disebut panther.
Jadi istilah panther digunakan untuk menyebut jaguar atau leopard yang berwarna hitam.

3. Puma
disebut juga macan gunung karena biasa hidup di pegunungan. Warna tubuh coklat polos tanpa ada garis atau bintik di tubuh (seperti singa). termasuk keluarga kucing (felidae) dengan genus berbeda yaitu genus puma dan spesies P. concolor. dapat ditemukan di Amerika. Tidak termasuk dari keluarga kucing besar (big cats family). Tidak dapat mengaum seperti layaknya genus panthera.Ukuran kepala bundar dan tubuh kurang berotot dibandingkan genus panthera

4. Cheetah
dapat ditemukan di Afrika, cheetah memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama dengan leopard. termasuk keluarga felidae namun cheetah memiliki genus berbeda yaitu Acynonix, dan tidak termasuk dari big cats family. Ciri-ciri fisik yaitu warna coklat dengan bintik hitam di sekujur tubuh. Ukuran kepala kecil. Ciri-ciri lain adalah adanya garis hitam mulai dari bawah mata dalam turun sejajar hidung sampai rahang (seperti aliran air mata).
keunikan cheetah adalah kemampuan berlari yang luar biasa. Cheetah mampu berlari cepat dan tercatat dalam guiness book record sebagai hewan darat tercepat. bentuk tubuh kecil, langsing dengan bagian perut mengecil mendukung kemampuan berlarinya. namun kemampuan berlari cepat cheetah tdk bertahan lama / jarak jauh dan hanya digunakan untuk mengejar mangsa saja (disebut juga sprinter).
source: http://www.pulsk.com/127596
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT