BREAKING

Kebiasaan yang Mengancam Kesehatan Tulang

Advertisement:
Tanpa sadar, kita kerap melakukan berbagai hal yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. Beberapa yang paling sering, berhubungan dengan gaya hidup, seperti merokok, minum minuman beralkohol atau menyantap makanan siap saji.

Padahal, bila dilakukan dalam jangka waktu panjang, kebiasan-kebiasaan tersebut bisa berakibat fatal. Apalagi bila berhubungan dengan tulang. Terdapat banyak kebiasaan yang kita lakukan seharui-hari, yang sebenarnya bisa mengancam kesehatan tulang.

Apa saja? Berikut daftar yang sudah dirangkum VIVAlife:
Kesehatan Tulang

Hak tinggi
Wanita memang menyukai tipe sepatu ini. Selain membuat kaki terlihat lebih jenjang, sepatu hak tinggi juga diasosiasikan dengan gaya seksi. Namun, sisi negatifnya, sepatu hak tinggi menambah beban kaki dalam menopang tubuh. Teorinya, semakin tinggi sepatu, beban kaki semakin bertambah. Imbasnya, tulang lutut semakin cepat keropos.

Oleh karena itu, kurangi pemakaian hak tinggi atau kurangi tinggi hak sepatu Anda. Hak setinggi 4 sentimeter dengan diameter lebar dianggap sebagai yang paling ideal.

Tas berat
Memiliki tas besar yang bisa memuat berbagai macam keperluan memang praktis. Tapi, akibatnya, beban yang disangga pundak juga semakin berat. Hal itu, tentu saja berimbas pada tingkat kepadatan tulang pundak dan punggung. Terlebih jika Anda punya kebiasaan menyandang tas di satu sisi pundak saja.

Sebaiknya, kurangi beban tas Anda atau seimbangkan beban berat tas Anda dengan menggunakan ransel yang disangga di kedua sisi pundak.

Menyilangkan kaki
Duduk sembari menyilangkan kaki memang lebih nyaman, selain itu, bagi wanita, sikap duduk ini dianggap seksi. Tapi, menyilangkan kaki, terutama jika dilakukan dalam jangka waktu lama, akan menambah beban lutut di salah satu kaki. Hal ini menyebabkan percepatan pengeroposan tulang yang tidak merata pada salah satu kaki.

Merokok dan minuman beralkohol
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa rokok dan minuman beralkohol berbahaya bagi kesehatan, termasuk juga bagi tulang. Kedua kebiasaan tersebut bisa mempercepat pengeroposan tulang, terutama bagi wanita.

Lalu bagaimana cara mengatasi kebiasaan buruk tersebut agar tulang tetap sehat? Mudah saja, beralihlah ke gaya hidup sehat dan rajin-rajin “menabung” kalsium yang merupakan makanan utama agar tulang tetap sehat dan padat.

Kalsium banyak terkandung dalam produk susu, termasuk diantaranya yoghurt dan keju, begitu juga dengan sayuran seperti brokoli, sawi, dan wortel. Lainnya adalah kacang-kacangan, sereal, serta produk olahan kacang, termasuk tahu dan tempe.
source: http://life.viva.co.id/news/read/557993-kebiasaan-yang-mengancam-kesehatan-tulang
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT