BREAKING
Dewa Poker

Mencegah Batu Ginjal

Advertisement:
Berbicara kampanye kesehatan kewaspadaan akan penyakit kanker, jantung, serta diabetes, kerap kali jadi topik utama di media massa. Ginjal, terkadang luput dari perhatian. Padahal, menjaga kesehatan ginjal tak kalah penting.

Kendati kecil, ginjal merupakan organ yang penting guna menyaring racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin.

Sayangnya, masyarakat perkotaan sekarang ini seringkali tidak menyadari gaya hidup mereka bisa meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal, atau lebih parah lagi, penyakit ginjal kronis.

Mencegah Batu Ginjal
Adapun, batu ginjal terbentuk akibat adanya penumpukan mineral dalam urin yang berubah menjadi kristal dan menghambat kerja ginjal menyaring racun. Selain itu, batu ginjal juga menyebabkan rasa nyeri yang cukup hebat.

Sebenarnya, menjaga kesehatan ginjal cukup mudah. Cukup dengan menjalani gaya hidup sehat dengan pola makan kaya nutrisi, serta olahraga teratur. Satu catatan penting, minum cukup air adalah kunci menjaga kesehatan ginjal, apalagi bila Anda sering berolahraga.

Berikut merupakan cara menjaga kesehatan ginjal dengan makanan, seperti dilansir laman Healthy Eating:

Air
Berkaitan dengan fungsinya menyaring racun, ginjal butuh asupan air yang banyak untuk membuatnya tetap berfungsi normal. Menjaga tubuh, agar tetap terhidrasi adalah kunci penting menjaga kesehatan ginjal. Air putih, tentu saja adalah opsi terbaik. Namun, jika bosan, bisa diselingi dengan jus buah, wedang jahe, maupun teh. Seringlah memeriksa warna urin Anda, bila berwarna pekat, tandanya tubuh Anda kurang cairan.

Sayur dan buah
Selain air, sayur dan buah yang banyak mengandung air juga baik dalam menjaga kesehatan ginjal. Beberapa buah yang disarankan adalah anggur, blueberi, juga cranberi. Sedangkan sayuran yang baik untuk ginjal adalah bayam, seledri, bit, kacang panjang, dan asparagus.

Potasium
Salah satu tugas ginjal adalah menjaga kadar potasium dalam tubuh. Jadi, agar ginjal tetap terjaga kesehatannya, Anda harus waspada terhadap asupan potasium. Sebab, jika kadar potasium yang masuk ke ginjal terlalu banyak, Anda rentan mendapat stroke, atau serangan jantung. Sebab itu, perbanyak makanan rendah potasium seperti apel, jagung, terong, pir, serta oyong.

Zat besi
Kontras dengan potasium, ginjal justru perlu zat besi, agar tetap berfungsi optimal. Makanan kaya zat besi layaknya sayuran hijau dan telur bisa meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh.
source: http://life.viva.co.id/news/read/558140-usir-batu-ginjal-dengan-makanan-ini
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT