BREAKING

Penting. Vaksinasi untuk Lansia

Advertisement:
Pentingnya Vaksinasi untuk Lansia
Menurut data, Indonesia adalah negara ke 3 dengan jumlah lansia terbanyak. Yakni 25 juta jiwa, setelah China dengan jumlah 200 juta, dan India 100 juta jiwa. Sebagai informasi, penelitian yang dilakukan Perpimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) membuktikan, bawah masa hidup manusia Indonesia rata-rata mencapai usia 72 tahun. 

Jumlah lansia yang banyak, mau tak mau memengaruhi tingkat penyakit yang diderita. Menurut data PERGEMI, penyakit lansia yang paling banyak terjadi adalah Jantung (35%), Stroke (13%), dan infeksi (23%).

 Dari ketiga penyakit yang paling banyak menyerang lansia, yang paling sedikit mendapat penanganan infeksi. Salah satu infeksi yang sering terjadi, ialah infeksi kandung kemih, kulit, paru-paru, influenza, dan saluran cerna. Oleh karena itu, kesehatan untuk para lansia merupakan prioritas yang harus dijaga.

 Menurut Prof. Dr. Siti Setiati, Ketua PERGEMI, perlindungan kesehatan pada lansia sangatlah penting. Hal ini karena, orang dengan usia lanjut memiliki daya tahan tubuh dan sistem imunitas yang cenderung lebih rendah dari orang dengan usia muda.

 "Orang tua itu bisa terkena lebih dari 1 penyakit, hal ini bisa berakibat pada banyaknya obat yang dikonsumsi, gejala-gejala efek samping karena obat yang terjadi yang membuat tubuh lansia lebih rentan," jelas Ati, ditemui dalam seminar media Waspasa Bahaya Herpes Zoster Pada Mata, di Jakarta, 10 Desember 2014.

 Harus tetap aktif 

Selanjutnya dijelaskan, bahwa selain daya tahan tubuh yang berkurang, fungsi organ yang menurun juga bisa mengakibatkan lansia rentan terkena penyakit. Belum lagi jika mereka mengalami gangguan Immunosenesense, yaitu gangguan pada sistem imun yang membuat tubuh lambat merespons penyakit masuk. Begitupun pada infeksi, sistem imun yang lemah dan fungsi organ yang menurun bisa menyebabkan tubuh mudah terkena infeksi.

 Oleh karena itu, diperlukan tindakan pencegahan yang bisa memperkecil kemungkinan lansia terkena infeksi. Tindakan pencegahan, bisa dilakukan dengan cara melakukan vaksinasi terhadap berbagai penyakit.

 Vaksinasi yang paling direkomendasikan para dokter, ialah vaksinasi penyakit Influenza, Herpes, atau Pneumonia, karena gejalanya yang sangat parah namun cenderung diremehkan.
Sayangnya, kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi pada lansia sangat kurang. Kebanyakan masyarakat dibayangi rasa takut akan efek samping dan penyakit lanjutan yang disebabkan vaksinasi. Untuk itu, PERGEMI mencanangkan program Gerakan Vaksinasi Lanjut Usia Nasional.

 Selain vaksinasi, lansia juga bisa mencegah datangnya berbagai penyakit dengan cara mudah dan murah. Yakni dengan menjaga kesehatan dengan olahraga, menjaga keseimbangan berat badan, dan cukupi jumlah air yang masuk ke dalam tubuh. "Lansia jangan berhenti bergerak, jangan berhenti belajar, jangan berhenti berpikir. Jaga badan dan otak, agar penyakit gampang ditolak," ujar Ati. 
source: http://life.viva.co.id/news/read/567153-pentingnya-vaksinasi-untuk-lansia
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT