BREAKING

Sejarah Ciuman

Advertisement:
Asal-usul ciuman
Ciuman identik dengan ungkapan rasa kasih, cinta, bahkan gairah. Lebih luas, ternyata ciuman juga digunakan untuk mengungkapkan beragam emosi. Ada aroma gugup, marah, menggoda, atau semangat yang bisa dirasakan.

Dirunut ke belakang, ciuman ternyata memiliki sejarah panjang. Jauh sebelum peradaban hadir dalam hidup manusia, ciuman sudah membudaya. Mengutip laman Smart Life Styles, para ahli setuju bahwa bibir manusia mulanya hanya digunakan untuk makan dan berbicara.

Ciuman, merupakan cara ‘menuntaskan’ lapar dalam konteks berbeda. Itu tak lepas dari pandangan seorang penulis zoologi dari Inggris, Desmond Morris, yang menganggap ciuman pada manusia adalah evolusi dari kebiasaan primata.

Induk primata biasa mengunyahkan makanan untuk anak-anak mereka, lalu disuapkan dari mulut ke mulut. Manusia purba disinyalir juga melakukannya. Kebiasaan itu lantas berkembang, menjadi upaya menghibur anak-anak saat kelaparan.

Makin lama, ciuman menjadi ekspresi umum kasih sayang. Sebab, ada pesan neuro-chemical dan sensasi yang menimbulkan hasrat seksual, rasa intim, serta euforia.

Pada pasangan, ciuman menelurkan proses pengiriman pesan. Tak hanya sepihak, masing-masing bisa saling mengirimkan pesan yang sama. Ciuman intim bahkan bisa mengirimkan potensi hubungan keduanya. Tak heran, ilmuwan percaya ciuman bisa jadi salah satu cara menyeleksi cinta pasangan.

Saat dua insan saling sentuh dalam ciuman, alam bawah sadar mereka mendorong keputusan untuk menetapkan apakah pasangan genetiknya kompatibel. Tak hanya sekadar menyeleksi untuk memilih, peneliti juga percaya ciuman dapat mengungkapkan seberapa besar komitmen pasangan untuk membesarkan anak.
source: http://life.viva.co.id/news/read/465950-menguak-sejarah-ciuman
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT