BREAKING

Manfaat Wortel untuk Tubuh

Advertisement:
Manfaat Wortel
Manis dan renyah, wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat. Makanan favorit kelinci ini, sudah dikenal sejak 5.000 tahun lalu. Dahulu, warnanya bukan oranye, melainkan merah, hitam, kuning dan ungu. Sementara wortel berwarna oranye yang kita kenal sekarang, dikembangkan oleh petani Belanda.

Sayuran akar yang memiliki tekstur renyah ini dikenal baik untuk kesehatan mata berkat kandungan vitamin A yang tinggi. Tapi bukan hanya untuk mata, kandungan beta karoten, vitamin C, vitamin K, serat, mineral dan antioksidan yang dimiliki wortel juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. Dilansir Style Craze, berikut manfaat wortel untuk tubuh:

Perawatan mata
Wortel terkenal baik untuk mata karena kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Beta karoten meningkatkan penglihatan pada malam hari dan melindungi mata dari masalah seperti glaukoma, degenerasi makula dan katarak.

Menjaga Jantung
Wortel mengandung berbagai antioksidan dan polyacetylenes yang bersama-sama memberikan perisai pelindung untuk jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi karotenoid menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan alpha karoten dan luteinnya melindungi jantung Anda dari kerusakan oksidatif, pembentukan plak dan kolesterol jahat.

Merawat Gigi dan mulut
Wortel bermanfaat dalam mengikis plak dan partikel makanan layaknya menyikat gigi. Wortel juga merangsang gusi dan memfasilitasi pembentukan air liur dalam jumlah banyak, yang menjadi alkali alami, menyeimbangkan bakteri rongga pembentuk asam dan kandungan mineralnya dapat membunuh kuman berbahaya pada mulut serta mencegah kerusakan gigi.

Membersihkan tubuh
Kandungan vitamin A yang berlimpah pada wortel membantu hati membuang racun dari tubuh. Ini juga mengurangi akumulasi empedu dan lemak di hati. Serat larut pada wortel juga dapat membersihkan usus besar.

Manfaat untuk kulit
Wortel tidak hanya lezat dimakan, ia juga bisa dijadikan masker untuk mencerahkan kulit karena memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Selain itu, wortel juga dipercaya ampuh menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat. Sementara, kandungan kolagennya membantu memelihara elastisitas kulit dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, pigmentasi dan warna kulit tidak merata.

Manfaat untuk rambut
Sejak dulu, wortel dikenal akan khasiatnya untuk pertumbuhan rambut dan menambah ketebalan. Selain itu, wortel juga dapat mencegah rambut rontok karena memberikan vitamin penting bagi rambut. Sayuran ini berkhasiat untuk membuat rambut tampak lebih kuat, tebal dan bersinar. Konsumsi 3 hingga 4 ons jus wortel setiap hari untuk merangsang pertumbuhan rambut Anda. Vitamin C dan vitamin E nya dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.
source: http://life.viva.co.id/news/read/496362-menguak-manfaat-wortel-untuk-tubuh
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

3 comments:

  1. Wah ,, manfaat nya ternyata sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  2. Wortel juga bisa digunakan sebagai pewarna Alami.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT