BREAKING
Dewa Poker

Jenis Makhluk Halus Yang ada di Jawa

Advertisement:
Medhon
Medhon adalah hantu atau setan yang berwujud putih seperti pocong, akan tetapi dapat menjadi panjang atau bahkan bisa mengecil. Medhon biasanya berada di kerumunan bambu. Ia memiliki ludah yang bisa membuat orang mati dan tubuh korbannya berbintik-bintik hitam.

Danyang
Danyang adalah penunggu suatu daerah tertentu yang sudah menetap lama, penunggu suatu tempat, contohnya punden dan tempat-tempat keramat. Biasanya Danyang ini sulit diusir bahkan kadang-kadang dijadikan identitas suatu daerah. Ada salah penafsiran tentang danyang biasanya orang- orang mengatakan danyang adalah roh pendiri tempat tersebut misal suatu desa A dengan danyang A. Akan tetapi itu salah, Danyang merupakan iblis yang sulit diusir sehingga seorang pendiri kampung biasanya membiarkannya tetap disitu istilah jawanya sisihan enggon. Danyang sering disertai macan putih sebagai kendaraannya.

Bajang Angkrik
Bajang Angrik adalah setan yang dapat menyamar, wujud sebenarnya berupa seorang tambun kerdil yang berkepala kecil. Tapi dia bisa menyamar sebagai apa saja biasanya berupa perampok, begal dll. Sebenarnya ia tidak berbahaya hanya menguji keimanan saja terutama para pertapa.

Onggo Inggi
Setan ini memiliki siung panjang dan lidah panjang, rambut gimbaldan menyeramkan biasanya bertempat di rawa-rawa. Setan yang satu ini sangat menakutkan karena meminum darah manusia.

Keblek
Keblek adalah setan yang sebenarnya adalah jejadian saja seperti halnya babi ngepet. Bentuknya seperti kelelawar dan berperut tambun hingga menyentuh tanah hingga menimbulkan suara Blek!1 Blek!!! Blek!!! Dan memang ia bias menyedot harta benda orang yang rumahnya didatangi. Biasanya dibelakang rumah terdengar suara Blek!!! Blek!! Blek!!! Dan tahu-tahu harta didalam rumah hilang. Ia dikategorikan setan pencuri.

Tuyul
Setan ini sangat populer, bahkan ada seminar yang membahas tentang tuyul. Tuyul adalah setan yang memiliki tuan yang makanannya adalah ASI dari tuannya. Ia dikategorikan juga sebagai setan pencuri.

Thethekan
Setan yang satu ini sangat menghibur tapi orang-orang juga sering takut. Belum ada yang mengetahui wujudnya. Karena hanya berupa suara berirama seperti kentongan. Atau pukulan- pukulan pada bambu. Yang ditakutkan orang-orang karena setan ini usil sering melempar kerikil atau batu yang tak tahu entah darimana datangnya.

Banaspati
Banaspati berupa api yang berkobar seperti manusia yang dipenuhi api. Ia sering juga mengganggu manusia menyerang dan meminum darahnya, sehingga dikategorikan setan pengganggu.

Gendruwo
Setan yang satu ini sangat popular juga. Biasa berada di pohon-pohon besar dan sering mengganggu perempuan. Wujudnya tinggi besar dan berbulu dia juga bisa menyamar sebagai suami orang, sehingga seorang istri tertipu melayaninya. Maka tak ayal kadang ada anak dari seorang ayah gendruwo. Dan dia gemar menculik orang, sehingga ia sangat dibenci oleh siapapun karena tindakannya yang jahil.

Kemamang
Wujudnya api berkobar bulat dan menghuni daerah-daerah datar, seperti padang rumput luas, persawahan, dan kebun-kebun. Iatidak berbahaya dan sering muncul ketika persawahan habis
panen. Jika dicermati lama-lama menjadi sangat besar. Dan sekali lagi jangan dituding atau diperhatikan karena lama kelamaan malah menjadi besar jika tidak dihiraukan ia akan hilang dengan sendirinya.

Kalasrenggi
Kalasrenggi ini mirip tokoh wayang, akan tetapi dia disebut sebagai setan penolong misalkan anda jatuh tiba-tiba tidak jadi. Anda lupa kemudian tiba-tiba ingat. Punya firasat tidak enak tentang sesuatu dan kejadian beneran. Wujudnya berambut gimabal berbadan tambun dan tinggi besar atau bisa juga seperti kakek-kakek. Tapi ia sangat jarang menampakkan diri.


Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

1 comment:

  1. ternyata banyak juga ya jenis-jenis setan yang ada di jawa. Kalau kuntilanak asli jawa apa nggak? atau jangan-jangan asli luar jawa :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT