BREAKING

Awas, Alergi Makanan Bisa Sebabkan Kematian

Advertisement:
Alergi Makanan Bisa Sebabkan Kematian
Mengonsumsi ayam, susu, telur, lalu timbul ruam yang gatal pada kulit? Masyarakat awam mengenalnya sebagai alergi makanan. Solusinya sederhana: hindari makanan yang dipantangkan. Tapi ternyata, dampak alergi makanan tidak sesederhana mengurangi ayam, susu, atau telur.

Alergi makanan menyebabkan kekebalan tubuh, yang kemudian bisa berdampak fatal bagi tubuh. Mengutip lamanMedical News, alergi makanan bisa berujung pada kematian. Sebab, para penderita mungkin terserang anafilaksis, reaksi alergi berat yang terjadi tiba-tiba.

Anafilaksis umumnya timbul setelah mengonsumsi susu, telur, kerang, kacang tanah, dan kacang pohon. Reaksi yang ditimbulkan berupa pembengkakan dan kesulitan bernapas.

Untuk membuktikan fatalnya alergi makanan, peneliti mengkaji kembali rincian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Experimental Allergy. Terdapat 13 studi global tentang alergi makanan yang dilakukan antara tahun 1946 dan 2012.

Penderita alergi makanan terus meningkat. Dalam 10 tahun, peningkatan bisa terjadi sampai 18 persen. Dari data tersebut, diketahui bahwa alergi makanan membunuh 1,81 persen dari 1 juta orang dalam periode setahun.

Mengomentari temuan itu, Robert Boyle dari Imperial College London menyatakan, anafilaksis memang mengkhawatirkan karena reaksi alergi yang parah dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang.

Meski terdengar menyeramkan karena bisa menyerang siapa saja, penyakit itu masih tergolong langka. The Centers for Disease Control and Prevention, badan pelayanan kesehatan di Amerika mengatakan, seseorang lebih banyak dibunuh daripada meninggal karena alergi makanan.

Data menyebutkan, risiko terbunuh di Eropa adalah 11 banding satu juta orang per tahun. Sedangkan risiko meninggal akibat kecelakaan, adalah 324 banding satu juta orang per tahun.

“Kami tidak ingin meremehkan kekhawatiran orang terhadap alergi makanan, tapi pencegahan harus dilakukan, bukan hanya fokus terhadap kematian,” kata Doyle.
source: http://life.viva.co.id/news/read/463015-awas--alergi-makanan-bisa-sebabkan-kematian
Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

1 comment:

  1. Dan ternyata, alergi itu menurun... makanya orang2 kalau mengalami gejala mirip alergi, ke dokter pasti akan di tanyai orang tuanya dulu, ada yang punya riwayat alergi atau tidak :)

    sangat bermanfaat!

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT